Kadis PMD Morotai: Tahapan Pilkades Serentak Dimulai Maret 2021

oleh -733 views

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulau Morotai bakal melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 86 desa pada bulan Maret 2021.

Kepala Dinas (Kadis) PMD Pulau Morotai, Alexander Wermasubun, saat ditemui wartaterkini.news pada ruang kerjanya. Senin (18/01/2021) mengatakan tahapan Pilkades di Kabupaten Pulau Morotai dimulai pada bulan Maret dan dilaksanakan secara serentak pada di desa.

Menurutnya, sosialisasi pilkades dijadwalkan di awal bulan maret, hal itupun sudah disampaikan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) untuk membuat persiapan pembentukan panitia.

Baca Juga :  Curah Gagasan PKB Mencari Pemimpin, Ikbal Djabid: Implening dan E-Budgeting Harus Diterapkan

Lebih lanjut Aleka sapaannya, menjelaskan tahapan tersebut nantinya dimulai saat Pembentukan Panitia Pilkades Tingkat Desa, kemudian panitia melaksanakan penjaringan Bakal Calon Kades untuk diusul kepada Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten guna dilakukan Uji Kepatutan terhadap Bakal Calon tersebut.

Selain itu, Aleka juga mengaku bahwa terkait Pilkades Serentak di Pulau Morotai pihaknya telah koordinasikan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Pemerintahan Desa secara virtual.

Baca Juga :  DPW PKS Malut Menggelar Rakorwil dan Training Orientasi

“Kami sudah sampaikan ke Kemendagri melalui Dirjen Pemerintahan Desa secara virtual bahwa Pulau Morotai tahun ini sebanyak 86 Desa yang akan melakukan pilkades serentak bersama beberapa Kabupaten/Kota di Maluku Utara”bebernya

Sementara untuk penetapan tanggal dan waktu Pilkades Serentak pihaknya belum dapat memastikan, karena harus menyesuaikan dengan kondisi Covid-19 di Morotai.

“Yang jelas kami rencanakan tahapan itu di mulai awal bulan maret tahun 2021, karena kita juga belum tahu kondisi Covid-19, jangan sampai kita sudah putuskan tanggal pemilihannya tiba-tiba tarjadi peningkatan Covid-19 di Morotai dan kemudian terpaksa di tunda lagi”terangnya

Baca Juga :  Pleno KPU Hasel, Hasil 13 Kecamatan Tak Bergeser Dari Data IT Usman-Bassam

Aleka bilang, anggaran Pilkades Serentak, DPMD Morotai menganggarkan sebesar Rp. 33.000.000 di tingkat Kabupaten sedangkan di tingkat desa dianggarkan bervariasi mulai dari Rp.15.000.000 sampai dengan Rp.25.000.000. (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email