Jambu Carlin, Inovasi Layanan Perpustakaan Daerah Klaten

oleh

Klaten Jawa Tengah, wartaterkini.news–Masa pandemi dan banyak stay at home alias di rumah saja, tidak harus menghalangi kita untuk meminjam dan membaca buku-buku pustaka favorit. Kini Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten hadir meluncurkan program service excellent bertajuk layanan Jambu Carlin.

Jambu Carlin adalah kepanjangan dari Pinjam Buku Cara Online. Jadi masyarakat untuk pinjam buku tidak harus datang ke Kanjengan, cukup cari nomor WhatsApp petugas, pilih buku yang diminati langsung klik. Besok buku sudah dikirim petugas dan gratis.

Baca Juga :  BNN Provinsi Jateng Ungkap Kasus dan Musnahkan Barang Bukti Narkotika

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten Syahruna mengatakan kalau masa pandemi ini tingkat kunjungan ke perpustakaan Klaten menurun. Jadi butuh terobosan agar layanan pustaka tetap berjalan.

“Beberapa waktu lalu layanan pustaka Klaten sempat ditutup karena pandemi. Praktis layanan berhenti dan hanya kegiatan penataan. Tapi kondisi ini memaksa teman-teman pustakawan untuk membuat terobosan agar layanan pinjam buku tetap berjalan dan masyarakat mau membaca” terang Syahruna, Senin (09-08-2021).

Baca Juga :  Wako Alpian Lepas Kontingen Pagar Alam Sebagai Peserta Porprov XIII di OKU Raya

Ditambahkan kalau layanan Jambu Carlin ini berbasis WhatsApp. Aplikasi yang semua orang sudah familiar, sehingga dipilih sebagai basis layanan.

“Warga yang butuh buku cukup WA saja. Nomornya adalah 0895-6163-3330. Tapi terlebih dulu sudah dipastikan buku yang dimaksud ada di koleksi kami. Untuk itu peminjam lihat dulu koleksi bukunya website: arpus.klatenkab.go.id dan pilih menu OPAC. Tuliskan nama peminjam, judul buku dan pengarang, cantumkan barcode dan memastikan ketersediaan buku”,terangnya.

Baca Juga :  Pemkab Klaten Hibahkan Tanah dan Bangunan Untuk Mapolsek Ngawen

Terkait koleksi dan biaya layanan Jambu Carlin, Syahruna menjelaskan bahwa program ini tidak dipungut biaya. Jumlah koleksinya pun beragam.

“Kami mengoleksi 38 judul buku dan 50 ribuan buku baik untuk anak, pelajar, mahasiswa maupun umum. Peminjaman buku secara online ini gratis. Insya Allah buku kami kirim sebelum 24 jam di hari dan jam kerja. Sabtu dan Minggu kami tutup”,pungkasnya. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email