Jajaran Polres Metro Jakarta Barat Berhasil Ringkus Perampok Toko Mas

oleh -681 views

Jakarta Barat, wartaterkini.news– Jajaran Polres Metro Jakarta Barat menangkap komplotan perampok toko Emas yang beraksi di Pasar Kemiri, Kembangan, Jakarta Barat.

Tiga perampok toko emas di Pasar Kemiri, Kembangan, Jakarta Barat bergelimpangan ditembak mati Polisi. Ketiganya ditembak lantaran menyerang petugas menggunakan senjata api (senpi) saat disergap. Dua rekan rampok menyerah setelah kakinya dilumpuhkan timah panas.

Tiga tersangka yang ditembak mati, yaitu TG (50), AG (22) dan AN (23), sementara dua rekannya AG (24) dan PT(40) kakinya dilumpuhkan timah panas dibekuk terpisah di kawasan Sawangan Depok dan Kembangan Jakarta Barat, Minggu (12-04-2020) hingga Senin (13-04-2020) dinihari.

Pengungkapan aksi perampokan itu dari sejumlah alat bukti seperti CCTV yang ada disekitar lokasi perampokan toko emas Pasar Kemiri Jalan Basmol Raya, Meruya Utara Kembangan, Jakarta Barat.

Baca Juga :  Batik Gelitik Resmi di Launching

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan komplotan rampok ini bernama Wetonan, Mereka tidak hanya beraksi di wilayah Jakarta, tapi juga wilayah Jawa hingga Banjarmasin dan memiliki kepercayaan untuk pergi ke Jawa Tengah setelah melakukan aksinya. Namun upaya terakhirnya menuju Jawa Tengah, sebut Yusri, gagal lantaran ada pemeriksaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Kalau masuk ke sana itu mereka anggap buang sial dan tidak akan tertangkap, tetapi terakhir yang dilakukan mereka berupaya ke Jawa Tengah, sementara saat itu di perbatasan ada kegiatan PSBB sehingga tidak bisa masuk ke sana”.kata Yusri saat jumpa pers secara live lewat akun Instagram Polres Jakarta barat, Senin (13-04-2020) kemarin.

Baca Juga :  Ririn Ekawati Ditangkap Polisi Terkait Narkoba

“Ada kegiatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga tidak bisa masuk ke Jawa Tengah dan balik lagi ke kos-kosan, terjadi lah penangkapan, Sehingga pelaku apes dan ketika hendak ditangkap para tersangka berusaha melawan menembak petugas”. ucap Kombes Pol Yusri.

Kemudian Yusri juga menyebut para pelaku ini juga percaya pada kejawen. Dia menyebut mereka sengaja melakukan aksi setiap tanggal 6 di setiap bulan karena dipercaya membawa keberuntungan.

“Kenapa wetonan karena kepercayaan mereka, mereka percaya bahwa contoh menurut mereka bahwa mereka akan lakukan kejahatan setiap tanggal 6, seperti kejawen gitu, dia lakukan pasti tanggal 6, Kemayoran juga tanggal 6, beberapa tempat lain juga tanggal 6”.tutup Kombes Pol Yusri.

Baca Juga :  Polisi Kantongi Identitas Perampok Bersenjata Api Yang Sempat Viral di Media Sosial

Dua tersangka lainnya ditembak kaki dan mengalami patah tulang kemudian mendapat pertolongan medis sedangkan 3 tersangka ditembak mati.

Kedua pelaku dijerat pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan, dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Sebelummya, komplotan perampok beraksi di toko emas Pelita di Pasar Kemiri, Kembangan, Jakarta Barat, Senin (06-04-2020) sekitar pukul 13:15 WIB.

Para pelaku menggasak 0,5 kilogram emas dan 10 kg perak dari toko tersebut. Saat beraksi, para pelaku membagi tugas, Ada yang masuk lalu memecahkan kaca etalase dan mengambil perhiasan.

Ada juga yang berjaga di luar toko sambil menakut-nakuti penjaga toko yang melihat dengan mengayun-ayunkan senjata api jenis revolver.  (Poppy Setiawan/red)

Print Friendly, PDF & Email