Ini Komentar Pengamat Perkotaan Soal Banjir di DKI Jakarta

oleh -32 views

Jakarta, wartaterkini.news–Ini komentar Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna, pasca wilayah DKI Jakarta di kepung banjir pada 24-25 Februari 2020 kemarin.

Adapun lokasi yang terkena dampak banjir di antaranya, pemukiman RW 08 Komplek Sekneg dan RW 012 Komplek Direktorat Topografi (Dipo) Angkatan Darat, Cempaka Putih Barat, Cempaka Putih, Karet Tengsin, Petamburan Tanah Abang, lalu Serdang Kemayoran dan lain-lain.

Pemukiman warga ini terpendam banjir dengan ketinggian 70 cm hingga 1 meter lebih. Meski begitu, korban dampak banjir mendapat pelayanan dari Pemerintah setempat di posko pengungsian di beberapa lokasi yang telah disiapkan.

Baca Juga :  Meski Bermasalah, Stadion BMW DKI Jakarta Tetap di Bangun

Sementara, Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna menyatakan, selama penghujan bulan seharusnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama masyarakat menggerakan kegiatan dalam gerakan ‘Bulan Siaga Bencana’.

Sehingga, kata Yayat, pada setiap ada peristiwa banjir penanganannya taktis dan ada aksi tanggap darurat yang cepat.

“Harusnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta minimal dapat mengurangi resiko Penanganan soal banjir. Dinas Sumber Daya Air (SDA) harus bisa menyelesaikan akar masalah di setiap lokasi banjir. Cari dan temukan kemudian selesaikan dalam waktu singkat,” jelas Yayat, melalui via telpon, Rabu (26/02/2020).

Baca Juga :  Rumah Sakit Pratama untuk Warga Pelosok Lahat

Meski begitu, Sambung Yayat, misalnya, seperti jangka panjang harus ada peningkatan kapasitas Q eksisting. Artinya ada peningkatan kemampuan drainase yang ditingkatkan. Selanjutnya gerakan Zero Run Off, harus diupayakan.

Lalu pencegahan pembangunan di daerah rawan bencana serta relokasi warga di daerah banjir. Kemudian harus ada program pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) atau milik buat yang akan dipindahkan.

Baca Juga :  Bupati Asahan H Surya BSc Dukung Event Off Road Jeep Asahan Club

“Masterplan banjir sudah dibuat Kementerian PUPR, tinggal disinergikan saja dengan program Pemprov DKI Jakarta. Begitu juga warga yang kebanjiran harus dilibatkan untuk mencari solusi bersama,” paparnya.

Sekedar diketahui, selama musibah banjir di wilayah DKI Jakarta. Pemprov DKI sudah berupaya menghimbau kepada warga masyarakat untuk bersabar menghadapi musibah banjir serta menyerahkan bantuan seperti logistik, kesehatan dan lain-lain di lokasi penampungan posko bencana. (Irvan S/Red)

Print Friendly, PDF & Email