IGA 2020. Untuk Sementara, Kabupaten di Wilayah Perbatasan, Morotai Dinilai Paling Berbobot

oleh -342 views
Foto Kepala Bappeda Morotai, Abjan Sofyan

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Innovative Government Award (IGA) 2020 merupakan acara rutin yang digelar setiap tahun. Maka untuk sementara, seluruh Kabupaten di wilayah perbatasan, Kabupaten Pulau Morotai dinilai paling berbobot (inovasi).

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pulau Morotai, Abjan Sofyan saat dikonfirmasi media pada ruang kerjanya. Selasa (24/11/2020).

Abjan mengatakan, Berbagai Kebijakan yang di keluarkan Pemda Morotai di nilai paling Inovatif, bahkan IGA 2020, untuk sementara Kabupaten Pulau Morotai mendapat rangking paling berbobot.

Baca Juga :  Seorang WNA Terdeteksi Suhu Tubuh 38° Dinyatakan Negatif Covid-19

Menurutnya, semua inovasi daerah wajib dilombakan dan Morotai memiliki 41 program inovasi. Seluruh daerah di Indonesia bakal diseleksi oleh tim dari Kementerian.

“Dari 41 inovasi ada yang menggunakan aplikasi dan ada juga tidak menggunakan aplikasi, yang tidak gunakan aplikasi itu misalnya seperti kesehatan gratis, pendidikan gratis dan lainnya, sementara inovasi yang menggunakan aplikasi yakni, seperti yang sudah digunakan saat ini”jelas Abjan

Baca Juga :  Diduga Ada Politik Uang, Pilkades Paca Dilaporkan Ke Panitia Kabupaten

Lanjut Abjan, di hari kemarin, Bupati Morotai telah dipanggil untuk mempresentasikan menyangkut kebijakan inovasi daerah Kabupaten Pulau Morotai.

“Kebijakan yang disampikan misalnya, Kesehatan Gratis, Pendampingan Pasien Rujukan, Pengolahan Tanah Pertanian Masyarakat Secara Gratis, kemudian bagaimana mendesain kemasan UKM, IKM, Angkutan Gratis dan juga beberapa kebijakan inovasi lainnya”bebernya

Abjan bilang, dari semua inovasi tersebut, Morotai masuk dalam nominasi IGA, bahkan untuk Maluku Utara, Morotai prestasinya lebih baik dari semua Kabupaten, termasuk paling berbobot di wilayah perbatasan.

Baca Juga :  Bangun Persaudaraan, Tonny Laos Berikan Sumbangan Terhadap Dua Bangunan Rumah Ibadah

Untuk itu, Abjan berharap bahwa selain penghargaan yang di berikan ke Pemda Morotai, semoga juga bisa mendapat kucuran anggaran dari Pemerintah Pusat terhadap berbagai presentasi inovatif yang di capai. (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email