Gubernur Sumsel: Generasi Millenial Adalah Generasi Cinta Akan Budaya Leluhurnya

oleh -619 views

Palembang, Wartaterkini.News-– Saya sangat apresiasi dan bangga atas hasil karya kreasi para siswa SMKN 07 Palembang yang telah berhasil memproduksi pakaian khas sumsel yaitu Jumputan dan juga kreasi seni Lukis yang telah dipertunjukkan para siswa. Ini menunjukkan generasi millennial yang cinta akan karya budaya leluhurnya, secara khusus kepada para siswa SMK N 7 Palembang telah berkarya dan terus menghargai dan mencintai budaya kearifan lokal.

Hal ini disampaikan Asisten I Asisten I Pemerintah dan Kesra Pemprov Sumsel, Akhmad Najib mewakili Gubernur Sumsel pada acara Pembukaan Pameran Expo SMK 70 Palembang 2019, Kamis (14/2/2019)

“Keberhasilan para siswa adalah tergantung pada jasa para guru untuk menghasilkan para anak didiknya berbudi pekerti”, ujar Najib

Lanjut Najib, Sejatinya seorang siswa adalah merupakan hasil karya maupun didikan para guru menjadikan para murid menjadi bermoral ber etiket baik serta menciptakan generasi penerus berbudaya mencintai karya leluhurnya serta mampu menjaga NKRI yang kita cintai

Baca Juga :  Sekarang Masyarakat Sumsel Dapat Baca Buku Di Shelter Grab Literasi

“Di negara maju, program pendidikan sekolah di laksanakan secara teori 40 persen sedangkan selebihnya adalah praktek  60 persen” jelasnya

Najib menjelaskan, Pemerintah Pusat telah memprogramkan para seniman atau maestro dapat datang ke sekolah-sekolah seni secara langsung. Dengan tujuan agar para siswa dapat menambah wawasan yang lebih luas melalui ilmu dan praktik langsung dari ahlinya.

“Seni budaya akan menjadikan Sumatera Selatan memiliki hasil karya yang menunjukan pribadi masyarakat Sumsel yang rukun dan damai,” ujarnya.

Ia pun mengajak kepada setiap audiensi untuk terus mengapresiasi dan menggiatkan pemanfaatan inovasi hasil karya anak bangsa. “Sesuai tema acara ini, hasil karya seni dapat berpengaruh dalam membangun asa,” ungkapnya.

Baca Juga :  Polres OKU Gelar Apel Pasukan OPS Lilin Musi Tahun 2019 dan Musnakan Barang Bukti Miras

Pada acara tersebut, SMK N 7 Palembang juga mempersembahkan karya seni lukis berpotret Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Karya ini diserahkan kepada Asisten I Pemerintah dan Kesra Pemprov Sumsel, Akhmad Najib.

Sebelumnya dalam laporannya,  Kepala Sekolah SMK 7 Palembang, H. Suparman, S.pd, M,Si mengatakan kegiatan ini akan meningkatkan animo dan minat dari siswa-siswa sekolah dasar di bidang seni yang cenderung menurun.

“SMKN 7 Palembang adalah satu-satunya sekolah Seni yang ada di Sumsel dan kita ingin mengangkat seni yang ada di Palembang, sebab itu saya . berharap agar dapat melakukan audiensi dengan Pemprov Sumsel untuk membicarakan tentang Seni di Sumsel”, ujarnya.

Suparnan menambahkan, ada keiinginan agar anak-anak berbakat seni di 17 kab/kota Sumsel dapat bersekolah di SMKN 7 dan tinggal di asrama,

Baca Juga :  Wagub Sumsel: PK2 Jangan Jadi Ajang Balas Dendam Senior

Perlu kami jelaskan, setiap tahun SMKN 7 aktif berpartisipasi mengikuti beberapa perlombaan seni dan keterampilan tingkat nasional mewakili Sumsel dan mendapatkan beberapa juara. “Jika suatu seni di daerah baik, maka hal ini dapat juga jadi potensi wisata,” ujarnya.

Acara ini dimeriahkan juga dengan lomba-lomba mewarnai dan melukis untuk anak-anak, workshop membatik dan seminar untuk para guru seni dan menampilkan fashion showbatik, dan juga lukisan hasil karya siswa SMKN 7 Palembang.

Turut hadir Kepala Sekolah SMK N 07 Palembang Suparman, Kadis Pendidikan Prov, Sumsel Widodo, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Para Kepala Sekolah yang hadir dan para seniman sumsel serta para guru yang hadir. (Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email