Gubernur Sumsel Apresiasi Ribuan Surat Pelajar yang Dikirim Untuknya

oleh -460 views

Palembang,Wartaterkini.News–Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan telah membaca dan mengapresiasi surat –surat yang dikirimkan oleh para siswa SMP dan SMA sederajat kepadanya melalui kertas koran. Menurutnya, selain dari penghargaan MURI, hal yang paling dihargainya adalah inisiatif penyelenggara untuk mengungkap keberanian siswa dalam mencurahkan pendapatnya.

Hal tersebut Herman Deru ungkapkan dalam acara Pemecahan Rekor Muri lomba menulis surat terbanyak melalui Kertas Koran Daerah di Griya Agung, Senin, (13-05-2019). Lomba dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Pemprov ke 73 Tahun 2019. Diikuti oleh seluruh siswa dan siswi SMP dan SMA sederajat se-Sumsel.

Ia mengungkapkan hal yang paling menarik adalah ada berbagai macam cerita yang disampaikan dalam surat-surat ini. “Ada surat yang menceritakan tentang keluarganya, ada yang membuat pilu dan ada juga yang  membuat tertawa,” ucapnya.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel: Turnamen Sepak Bola Sebagai Ajang Menggali Potensi Atlet Di Daerah

Dikatakannya, bermacam-macam surat ia baca ada cerita tentang ekonomi keluarganya, tentang obsesi, keinginan, tentang jatuh cinta, dan cerita betapa sulitnya perjalanan mereka menempuh sekolah di daerah terpencil karena harus melewati perbukitan. Lomba menulis surat digunakan sebagai sarana untuk membangkitkan semangat para pelajar untuk mengungkapkan curahan hatinya.

“Tidak ada guna cerdas tanpa berani mengungkapkan,” ujarnya. Nilai keberanian memiliki nilai 50 persen untuk menunjang keberhasilan. Oleh karena itu untuk menjadi berhasil salah satunya kita harus melatih keberanian untuk mengungkapkan.

“Tidak ada para pemimpin tanpa guru, tidak ada pemimpin tanpa ada keberanian mengungkapkan sesuatu,” tutupnya.

Baca Juga :  Dilalui Jalur Kereta Batubara, Pemkab Ingatkan Dampak Lingkungan

Sementara itu, Senior Manager Rekor Muri Indonesia, Awan Rahardjo mengatakan Muri merupakan lembaga yang didedikasikan untuk mencatat prestasi karya karsa putra putri terbaik dari segala bentuk bidang kemampuan kelompok institusi. Hal tersebut untuk menghadirkan karya karsa kreatif yang akan menggugah semangat kebanggaaan nasional baik di Indonesia maupun internasional.

“Pada hari ini pemecahan Rekor Muri mampu dicapai pemprakarsa dan penyelenggara untuk menulis surat terbanyak untuk Gubernur yang ditulis pada koran,” jelasnya.

Lomba telah dilaksanakan dari tanggal 1-28 Februari dan terdata memiliki bukti fisik 149.408 karya tulisan dari para pelajar. Dan telah diumumkan ada sebanyak 80 pemenang pada 4 kategori,  dengan penilaian dari berbagai aspek sastra maupun sosial.

Baca Juga :  Kapal Fery Tujuan Amolengo-Labuan, Datang Tidak Tepat Jadwal

“Acara ini dilakukan untuk menyampaikan aspirasi dari pelajar se-Sumsel ke Gubernur sehingga dapat membangun Sumsel Maju Untuk Semua,” tambahnya.

Lomba ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Sumsel bekerja sama dengan koran Sumeks se-Sumsel. Turut hadir Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum., Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia, Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya, Para Asisten dan Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Sumsel. Dalam kegiatan ini, diadakan pembagian hadiah bagi para pemenang, dan juga pembagian doorprize. (Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email