Gubernur Sulawesi Tengah Resmikan Tiga Pasar Rakyat di Kabupaten Banggai

oleh -186 views

Banggai Sulawesi Tengah, wartaterkini.news–Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M,Si. Didampingi Bupati Banggai Herwin Yatim. Meresmikan 3 Pasar di Banggai di Lokasi Pasar Pagimana, Kamis 17 September 2020.

Hasrin Karim Kepala Dinas Perindag Kabupaten Banggai, menyampaikan bahwa sesuai Visi dan Misi Kabupaten Banggai dalam meningkatkan Ekonomi Kerakyatan melalu dinas Perindag Kabupaten Banggai mewujudkan peningkatan infrastruktur Pasar Rakyat untuk itu Tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Tugas Perbantuan dapat membangun 3 Pasar Rakyat.

Adapun Pasar rakyat yang dibangun yakni, pasar Pagimana, Pasar Sindang Sari dan Pasar Sumber Mulia, Namun Pemanfaatan Pasar ini tertunda akibat pandemi Virus Covid 19.

Hasrin Karim juga menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan Gubernur melalui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi atas rekomendasi yang diberikan sehingga Pemerintah Pusat dapat memberikan Alokaso Anggaran melalui Tugas Perbantuan Tahun 2019 untuk membangun Pasar di Kabupaten Banggai.

Sementara itu Bupati Banggai Herwin Yatim Menyampaikan Ucapan terimakasih kepada Gubernur Sulawesi Tengah di sela sela Kunjungannya.

Baca Juga :  MTQ Ke-29 Tingkat Kabupaten OKU Dibuka Secara Resmi Oleh Kuryana Azis

Dikatakan Bupati sebagai bentuk penghormatan dan ucapan terimakasih, ia meminta Gubernur secara langsung  meresmikan Pasar Rakyat yang selesai di Bangun dan di pusatkan di Pagimana.

Bupati Banggai juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur yang telah mendorong dan membantu progeram kerja selama masa kepemimpinannya untuk mendorong pertumbuhan pembangunan di Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Banggai.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. longki Djanggola, M.Si. mengatakan, pembangunan 3 pasar rakyat tersebut menggunkan anggaran yang bersumber dari Tugas Perbantuan atau APBN.

“Saya selaku Gubernur dan sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat yang ada di Daerah, untuk itulah saya resmikan pasar ini”.jelasnya

Pada kesempatan ini Gubernur juga mengapresiasi atas pembangunan pasar pagimana, pasar sindang sari, dan pasar sumber mulya yang pembiayaannya bersumber dari dana APBN kementerian perdagangan RI tahun 2019.

Adapun rincian dana bantuan untuk Pasar Pagimana sebesar Rp. 6.170.200.000 (6 milyar 170 juta 200 ribu rupiah) dengan jumlah 170 los dan 42 petak.

Baca Juga :  Ketua Dewan Pers dan Ketua Umum PWI Akan Hadir Sebagai Tamu Kehormatan HPN Bekasi Raya

Pasar Sindang Sari sebesar Rp. 3.801.720.000 (3 milyar 801 juta 720 ribu rupiah) dengan jumlah 88 los dan 13 petak.

Serta Pasar Sumber Mulya sebesar Rp.3.804.580.000 (3 milyar 804 juta 580 ribu rupiah) dengan jumlah 92 los dan 9 petak.

Dikatakan Gubernur, seperti diketahui Pasar Sindang Sari dan pasar Sumber Mulya sebelumnya belum pernah mendapatkan bantuan untuk pembangunannya.

“Oleh sebap itu kami berharap keberadaan pasar rakyat dengan wajah baru ini dapat berfungsi sebagai salah satu akselerator, penggerak kemajuan perekonomian daerah dan masyarakat”,ungkapnya

Lebih lanjut Gubernur mengatakan Pasar merupakan sarana vital yang diperlukan masyarakat untuk mempermudah memasarkan hasil pertanian, perikanan, kerajinan dan sebagainya.

Pasar rakyat yang baru dibangun ini merupakan perwujudan komitmen pemerintah daerah dalam menghadirkan fasilitas perekonomian yang makin memadai di provinsi Sulawesi Tengah, khususnya di kabupaten banggai.

Baca Juga :  Gubernur DKI Jenguk Korban Tsunami Banten di RSUD Tarakan

“Untuk itu, saya minta untuk sama-sama merawat dan memelihara kebersihan, keindahan dan kerapihan penataannya, agar kesan pasar tradisional yang kumuh, kotor dan jorok bisa dihindari”. ajaknya

Diakhir Sambutannya Gubernur , menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Banggai dan Masyarakat atas dukungannya dalam memutus dan mengendalikan penyebaran Virus Covid -19.

“Saya meminta agar kita semua jangan lalai untuk terus menerapkan Protokol Kesehatan, patuhi protokol kesehatan, seperti untuk terus memakai Masker , rajin mencuci tangan dan terus menjaga jarak”. bebernya

Gubernur juga meminta agar masyarakat dapat turut mensukseskan Pemilu Kada yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.

“Mari gunakan hak pilih saudara datanglah ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya, siapapun yang saudara pilih sesuai dengan hati nurani saudara masing masing, kalau dulu persentasi pemilih hanya 70 % saya berharap persentasi pemilih pada Pilkada tahun ini harus lebih 80% partisipasi pemilihnya”. pungkasnya (Mar/Red)

Print Friendly, PDF & Email