Forum Pesona OKU Selatan “Butuh Banyak Pemuda Untuk Mengembangkan Pariwisata Di OKU Selatan”

oleh -1.556 views

OKU Selatan wartaterkini.news-Membangun dunia pariwisata tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri.Pariwisata tidak bisa berdiri sendiri, banyak pihak yang terlibat di dalamnya.

Selain campur tangan pemerintah, banyak pihak harus dilibatkan. Mulai dari dunia usaha, masyarakat, termasuk generasi muda. Pariwisata merupakan sistem ekonomi yang dapat memberikan penghidupan kepada banyak orang. Di saat jumlah penduduk Indonesia yang semakin bertambah dan sumber daya alam semakin berkurang.Maka Indonesia harus mempersiapkan diri membangun sistem ekonomi dengan pariwisata sebagai andalan.

Sektor pariwisata akan kembali diandalkan sebagai penopang perolehan devisa pada tahun ini. Sektor ini juga akan menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia di tahun 2018, yakni sebesar 20 miliar US dollar, setara dengan 300 trilyun rupiah atau naik sekitar 20 %, dari tahun 2017 yang sekitar 16,8 milyar US dollar.

Baca Juga :  Warga Suka Jadi Lambar Keluhkan Pelayan PDAM Limau Kunci

OKU Selatan sebagai daerah dengan potensi wisata yang besar, tentu harus mempersiapkan diri lebih baik. Salah satunya dengan memberikan kesadaran kepada generasi muda bagaimana mempromosikan pariwisata. Untuk itu dinas Pariwisata dan Kebudayaan OKU Selatan menaungi Forum Generasi Pesona Indonesia yang dibentuk oleh Rizal Al Hudri. Forum ini bekerjasama dengan Gerakan Pemuda Pasar Lama (GMP) yang diketuai oleh Fedial untuk bersama  mengembangkan pariwisata Batu Kodok sebagai wisata alternatif Kota Muaradua.

Baca Juga :  Kapolres OKU Janji Tangkap Pelaku Penembak Satria

Mereka membentuk Generasi Pesona Indonesia, yang berisikan para pemuda yang peduli dengan pariwisata. Para pemuda ini yang akan memperomosikan aset wisata di akun media sosial mereka masing-masing. Seperti yang dilakukan mereka pada hari Minggu 14 Oktober 2018 kemarin, bertempat di daerah Pasar Lama, Kelurahan Bumi Agung, kecamatan Muaradua.

Aset sejarah jembatan pasar lama dengan legenda batu kodoknya menjadi perhatian mereka untuk dibersihkan dan dipromosikan sebagai salah satu tujuan wisata lokal, yang memiliki daya tarik berhubungan dengan sejarah. Karena di sini ada makam Puyang Komering dan dari sinilah berawalnya Sungai Komering yang akan menjadi ikon kota Muaradua.

Baca Juga :  Kasdim 1613 Sumba Barat Pimpin Kerja Bakti di Pasar Lama Kota Waikabubak

Kabupaten OKU Selatan membutuhkan ribuan pemuda yang peduli dengan lingkungan, peduli dengan pariwisata serta peduli terhadap pembangunan kebudayaan, sebagai kebanggaan daerah yang harus terus dijaga. (Wt01/Red)

Print Friendly, PDF & Email