FKUU Sumsel Gelar Pengajian di Kantor Dinas Kesehatan

oleh -437 views

Palembang,Wartaterkini.News–Pengajian yang digelar Forum Komunikasi Ulama Umara (FKUU) Sumsel berlangsung di Kantor Dinas Kesehatan Prov. Sumsel, Kamis, (25-04-2019). Pengajian ini dalam rangka pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap para pegawai dan ASN di lingkungan dinas kesehatan.

Acar diawali dengan sholat dzuhur berjamaah yang di imami oleh Sekretaris Dinas Trisnawarman dan diikuti oleh seluruh pegawai dinas serta doa dipimpin oleh KH. Amiruddin Nahrawi.,M.Pd.I selaku staf khusus gubernur bidang hubungan antar agama.

Trisnawarman dalam sambutannya  mengungkapkan rasa haru dan gembira atas kehadiran FKUU Sumsel di Dinas Kesehatan yang kedua kalinya. Sebab melalui momen ini kami dapat berkumpul dan mendapat siraman rohani. Dia juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran ibu kepala dinas karena disaat bersamaan sedang ada dinas diluar.

Baca Juga :  Apapun Status Sosialnya Layani Pasien dengan Baik dan Berkeadilan

Trisnawarman berharap semoga kegiatan seperti ini akan terus berlanjut dan bermanfaat bagi kita semua yang mengikutinya.

Dikesempatan yang sama  KH. Amiruddin Nahrawi.,M.Pd.I dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi datangnya bulan puasa maka kita sebagai umat muslim hendaknya menyambut bulan suci itu dengan hati yang gembira. Apalagi perintah melakukan puasa di bulan ramadhan itu sudah tertulis dalam Alquran surah Albaqarah ayat 183.

KH. Amiruddin menambahkan dengan mengambil cerita dizaman Rasulullah.  Saat itu ada seseorang yang imannya lemah, sering bermaksiat namun ketika datangnya bulan puasa dia menyambut bulan itu dengan gembira, berhenti bermaksiat dan selalu mengganti ibadah yang ditinggalkannya menjelang bulan ramadhan.

Baca Juga :  Dikunjungi Danrem, Herman Deru Minta Sumsel Bebas Asap Karhutla

“Suatu ketika ia bermimpi ketemu malaikat dan dikatakan bahwa ia akan masuk surga. Dari cerita tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa keistimewaan bulan ramadhan sangatlah dahsyat pahalanya, maka sangatlah rugi jika kita sebagai umat muslim tidak menyambut bulan ramadhan itu dengan gembira dan menyianyiakannya. Semoga yang hadir disini selalu istiqimah dijalan Allah dan taklupa selalu mendoakan para pimpinan dan diri sendiri agar selamat didunia dan akhirat,” jelas amiruddin Nahrawi.

Sementara itu Prof. Dr. KH. Duski Ibrahim.,M.Ag. dalam ceramahnya berpesan dengan mengutip dari salah satu hadits nabi berbunyi sesungguhnya Rasul itu diutus untuk menyempurnakan ahlak. Rasul berkata ahlak itu tidak hanya kepada tuhan melainkan sesama mahluk juga. Karena orang beriman yang paling sempurna adalah yang paling baik ahlaknya.

Baca Juga :  Pengadaan Mobil Sampah di Tapanuli Utara Dibatalkan

Prof. Duski menambahkan tiga ahlak yang hendaknya dimiliki seorang muslim terhadap Tuhannya ialah menerima informasi dari Allah swt melalui Rasul dan membenarkan apa yang disampaikannya, menerima hukum tuhan dan melaksanakannya lalu menerima takdir tuhan dengan sabar dan ridho.

Selain itu Prof. Duski kembali menambahkan tiga ahlak yang hendaknya dimiliki seorang muslim terhadap sesama manusia ialah menahan perbuatan dzolim terhadap orang lain, jangan mengambil hak orang lain lalu selalu berbuat baik terhadap sesama manusia.

Sebelum menutup ceramahnya Prof Duski mengungkapkan, “Jika kita bisa menjalankan akhkak terhadap Allah dan sesama manusia barulah kita dapat disebut orang yang imannya sempurna dimata Allah swt”. Pungkasnya  (*)