Disbudpar OKU Selatan Agendakan Festival Danau Ranau Ke-XXII Juni Mendatang

oleh -1.692 views

OKU Selatan Sumsel, Wartaterkini.News– Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten OKU Selatan, akan menggelar Festival Danau Ranau (FDR)  ke XXII pada awal Juli mendatang.

“Kita pastikan awal Juli. Kalau dari jadwal sekitar tanggal 3 – 7 yang berlangsung sekitar seminggu pelaksanaanya. Pembukaannya Insyaalah tanggal 3 itu”. ujar Kepala Disbudpar OKU Selatan, Darmawan SE melalui Bidang Promosi, Junaidi SE, saat dibincangi. Selasa (21-05-2019).

Ditambahkan Junaidi, memang sebelum penetapan jadwal tersebut pihaknya mewacanakan perhelatan pestival tersebut rencananya akan digelar selama satu bulan.

“Wacana awal kita sebulan. Tetapi setelah kita koordinasikan ke Kementerian, maka mereka memutuskan untuk jadwal pelaksanaan dipadatkan yang akhirnya akan digelar selama satu minggu”. katanya.

Baca Juga :  Ketua Dewan Kesenian OKU Selatan Hadiri Pembinaan Sanggar Seni Budaya

Junaidi mengatakan jika kegiatan tersebut akan dipusatkan di kawasan dermaga Banding Agung, yang merupakan lokasi sebelumnya di helat di tempat tersebut pada tahun – tahun sebelumnya.

“Lokasinya tetap di Banding Agung. Belum ada tempat yang lain. Rencananya akan dihadiri dari kementerian langsung”. katanya.

Dalam even pegelaran tersebut, pihaknya akan menonjolkan seni budaya lokal Tutur melalui pentas di atas panggung dan plataranan yang telah piahknya sediakan .

“Nanti semua perwakilan suku di kabupaten ini akan menampilkan seni tutur mereka sesuai dengan bahasa daerah masing – masing. Kita (OKU Selatan) memiliki 6 ragam suku bahasa yang berbeda”. ujarnya.

Selain itu, ditambahkan Junaidi, festival tersebut juga akan di isi oleh beragam rangkaian kegiatan lain yang dapat menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Baca Juga :  Sukses..Gubernur Gagas Tour de Ranau 2019

“Tentunya even – even kegiatan lain ada disana. Seperti gowes di seputaran danau, lomba kicau burung dan juga kita akan dirikan stan untuk perwakilan kecamatan dan tamu dari kabupaten dan kota lain di Sumsel dan diluar Sumsel”. katanya. (**)