Bimtek Penguatan Kompetensi Penceramah Agama, Bupati SBB Tekan Pentingnya Menjaga Toleransi

oleh -345 views

Seram Bagian Barat Maluku, wartaterkini.news – Dalam penyampaian materinya pada bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kompetensi Penceramah Agama yang diselenggrakan oleh Kementrian Agama Seram Bagian Barat (SBB) di Hotel Mitra, Kota Piru kamis (22/10/2020) Bupati SBB M. Yasin Payapo menekankan pentingnya menjaga nilai-nilai tolerasi antar umat beragama.

“Kestabilan suatu daerah terjadi apabila nilai-nilai kebersamaan dan toleransi antar umat beragama dapat kita kawal dan dijaga bersama”Ujar Payapo.

Baca Juga :  Bupati SBB Resmikan SMP BDP Niwelehu Jadi SMPN 8 Taniwel, Tahun 2021 akan Bangun 5 Romber

Menurut Payapo, para Penceramah Agama memiliki peran dan tanggung jawab besar untuk mencerdaskan masyarakat terutama yang berkaitan dengan nilai-nilai agama, adat dan budaya disetiap daerahnya masing-masing.

“Olehnya itu diperlukan suatu setting atau kolaborasi bagi penceramah agama baik itu sesama maupun antar pemeluk satu agama dengan agama lainnya”, kata Payapo.

Setting atau kolaborasi dimata orang nomor satu SBB tersebut harus dilihat sebagai langkah bersama para penceramah agama untuk menanamkan nilai-nilai universal kemanusian yang mana semua agama menganjurkan untuk saling menghargai, menghormati yang dikenal dengan nama toleransi.

Baca Juga :  Menerima LHP LKPD Tahun 2019 SBB WDP, Mansur Optimis 2021 WTP

“Untuk itu kita harus berkomitmen untuk membina secara lebih intens akan pentingnya tolerasi agar daerah ini dapat terhindar dari benturan nilai yang tidak kita inginkan bersam”. Tegas Payapo.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Maluku Jamaluddin Bugis, Kepala Kemenag Seram Bagian Barat Taslim Tuasikal dan beberapa Kepala OPD lingkup Seram Bagian Barat.(fadli/red)

Print Friendly, PDF & Email