Begini Cara Mahasiswa Di Jateng, Ajak Anak Peduli Lingkungan

oleh -128 views

Cilacap Jawa Tengah, wartaterkini.news – Kepedulian terhadap lingkungan menjadi hal yang perlu dipraktekkan oleh setiap masyarakat. Sikap peduli terhadap lingkungan perlu ditanamkan pada setiap individu sejak dini. Hal inilah yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Dari Rumah Kelompok 123 UIN Walisongo Semarang dengan melakukan sosialisasi tentang peduli lingkungan.

Melalui games/permainan sederhana kepada anak-anak SD dan MI di Desa Margasari, Cilacap, kegiatan yang berlangsung pada Kamis (05/11/2020) ini berjalan dengan semestinya. Dengan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, anak-anak diundang untuk berkumpul di rumah mahasiswa KKN tepatnya di desa Margasari, Kabupaten Cilacap.

Baca Juga :  Pj Sekda Pesisir Barat Pimpin Safari Ramadhan 1440 H di Kecamatan Pulau Pisang

Games ini dilaksanakan secara bergantian. Setiap anak akan mendapat kesempatan untuk mengambil kupon sampah. Selanjutnya, anak-anak diminta mengambil sampah sesuai kupon yang berisikan jenis sampah. Setelah itu, mereka harus meletakkan sampah tersebut dengan memilih jenis sampah yang dimilikinya. Apakah termasuk sampah organik, anorganik atau beracun.

Robingatul Ngadawiyah selaku inisiator kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja KKN kelompok 123 dibidang pendidikan. Selaras dengan cita-cita Kabupaten Cilacap yakni “Cilacap Tambah Resik”, menurutnya, penanaman sikap peduli lingkungan pada anak-anak penting dilakukan. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini anak-anak menjadi semakin peka terhadap lingkungan. Terlebih mengenai sampah yang sedang menjadi permasalahan akhir akhir ini.

Baca Juga :  Dibuntuti Korbannya, Dua Pelaku Curanmor Diamuk Massa Di Cikarang Timur

“Kegiatan ini sebenarnya merupakan program kerja KKN dari kelompok 123, harapan saya mengadakan bimbingan belajar dengan metode games ini agar anak-anak tidak merasa bosan dan bisa difahami dengan mudah dan tetap bisa mewujudkan anak-anak yang peduli terhadap lingkungan terutama pada sampah” ujarnya.

Sementara itu, Siti sebagai orang tua murid mengatakan bahwa kegiatan ini bisa membantu menyadarkan anak-anak agar peduli terhadap lingkungan terutama sampah. Sama seperti kader PKK yang sebelumnya telah mengajak para warga Desa Margasari untuk mengikuti sosialisasi pilah sampah.

Baca Juga :  Ribuan Pelamar Lulus Seleksi Administrasi CPNS OKI, 30 Tidak Cukup Syarat

“Kegiatan ini (games) cocok sekali, karena kader PKK juga sudah mengadakan sosialisasi pilah sampah ke ibu-ibu rumah tangga, dan sekarang anda mengajarkan ke anak-anaknya” ujar ibu dua anak itu.

Kegiatan ini diterima dengan baik, dan antusias anak-anak juga sangat bersemangat. Mereka menyambut hangat kehadiran mahasiswa KKN UIN Walisongo di desanya. (Red).

Print Friendly, PDF & Email