Bawaslu Pali Hadiri Launching Pilkada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pali

oleh -103 views

PALI Sumsel, wartaterkini.news–Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten PALI yang akan diselenggarakan pada september mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten PALI hadiri Peluncuran Pilkada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) PALI di Lapangan Gelora 10 November, Komplek Pertamina, Kecamatan Talang Ubi. Sabtu (08-03-2020).

Ketua Bawaslu PALI, Heru Muharam melalui Komisioner Bawaslu PALI devisi pengawasan, Iwan Dedi mengatakan dimana tugas, wewenang, dan kewajiban pengawas pemilu berdasarkan amanat undang undang No 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU nomor 1 Tahun 2004 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi UU.

Baca Juga :  Tim PROJO RJHA2P Adakan Rapat Koordinasi menyambut Pelantikan dan Pengukuhan

“Dalam Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota atau biasa disebut UU Pilkada, Bawaslu harus mengoordinasikan dan memantau tahapan pengawasan penyelenggaraan Pemilihan, melakukan evaluasi pengawasan penyelenggaraan Pemilihan dan mengawasi pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan,” Ujarnya

Iwan juga menambahkan sejauh ini Bawaslu PALI sudah pada tahap kesiapan pada pembentukan pengawas tingkat desa,memetakan kerawanan yg mungkin akan terjadi, melaksanakan bimtek, sosialisasi dan pengawasan langsung maupun tidak langsung yg dilakukan baik dari tingkat kabupaten sampai tingkat Desa.

Baca Juga :  Herman Deru Dukung Program Tanimas di Sumsel

“Sejauh ini Bawaslu sudah mencapai tahap kesiapan pembentukan pengawasan tingkat desa, melakukan bimtek, dan sosialsiasi pengawasan, guna mengurangi tingkat kerentanan,” ungkapnya

Lanjut Iwan, Bawaslu PALI juga akan membuka posko pengaduan di masing masing sekretariat tingkat kecamatan dan Kabupaten, situs onlinè melalui Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa yg siap diluncurkan.

“kami siap melakukan pencegahan, pengawasan serta penindakan ketika ada oknum atau orang yg akan menentang aturan yg ada, demi terwujudnya pilkada berkwalitas,adil dan berintegritas,”tutupnya

Baca Juga :  Polisi Berhasil Ringkus Komplotan Specialis Pencuri Ruko

Acara Peluncuran Pilkada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dihadiri oleh KPU RI, Bupati PALI, Ketua dan Anggota DPRD PALI, Polres, Kejari dan OPD, serta meriahkan oleh artis ibu kota Virzha, Baby shima dan ribuan masyarakat Kabupaten PALI. (Dhon/red)

Print Friendly, PDF & Email