Badan POM Resmi Terbitkan Izin Darurat Vaksin Sinovac

oleh -231 views

Wartaterkini.news, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM RI) telah resmi terbitkan izin darurat EUA (Emergency Use Authorization) penggunaan CoronaVac pada hari ini. Senin (11/01/2021).

Izin yang dikeluarkan Badan POM berdasrakan hasil evaluasi data dan efikasi vaksin dari uji klinik Bandung sebesar 65,3 Persen.

“Sedangkan Laporan efikasi vaksin di Turki adalah sebesar 91,25 Persen serta Brazil sebesar 78 persen. Dari hasil uji klinik tersebut menunjukan harapan bahwa vaksin mampu menurunkan penyakit Covid – 19,” tutur Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito lewat Konferensi Pers secara Daring pukul 16.00 Wita yang di ikuti media ini.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Terima Gelar Raja Balaq Mangkunagara

Selain itu izin penggunaan vaksin Sinovac sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia. Pengambilan keputusan juga didasrakan dari hasil rapat pleno bersama tim ahli dalam bidang Imunologi, ahli Epidemologi, Indonesian Technical Advisory dan Group On Immunization (ITAGI).

“Oleh karena itu hari ini (11/01) Badan POM memberikan persetujuan penggunaan dalam Emergency Use Authorization (EUA) untuk Vaksin Covid – 19 yang pertama kali kepada vaksin Coronavac, produksi Sinovac Bioetch Inc. Yang bekerja sama dengan PT Bio Farma,” ungkap Kepala Badan POM. (Kevin Jorge/Red)

Print Friendly, PDF & Email