Badan Otorita Pariwisata labuan Bajo, Gelar Kegiatan Sosialisasi dan Pemberdayaan Masyarakat

oleh -904 views

Manggarai Barat NTT, wartaterkini.news–Melihat potensi yang dimiliki di Labuan bajo dan visi kepariwisataan labuan bajo, BOP labuan Bajo, gelar sosialisasi program & pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Senin (16-03-2020).

Kegiatan ini dilaksanakan di kantor kecamatan mbeliling, peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini 15 kepala Desa, Penjabat kecamatan dan pelaku UKM. Dalam sosialisasi ini ada beberapa orang yang dipercayakan menjadi narasumber yang pertama adalah Kepala Divisi Pengembangan bisnis Pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata dan dari Bank BRI.

Baca Juga :  Jelang Pemilu 2019, Dukcapil Sumsel Gencar Lakukan Sosialisasi

Wisjnu Handoko kepala divisi pengembangan bisnis pariwisata dalam materinya menyampaikan tujuh arahan dari Presiden untuk pengembangan destinasi wisata seperti Penataan Kawasan, Pembangunan Infrestruktur, penyiapan SDM, Pengelolan Sampah, pengadaan air baku, promosi pariwisata dan keamanan pariwisata.

BOP itu sendiri mempunyai dewan pengarah 19 menteri dan 1 gubernur, terlepas dari itu Tugas dan fungsi BOP adalah sebagai Otoritatif dan koordinatif. “Kita mempunyai hak pengelolaan pada kawasan otorita hutan nggorang seluas 400 HA”. jelasnya

Ada pula Program BOP di tahun 2020 seperti Direktorat destinasi, industri kelembagaan, pemasaran dan keuangan. Harapan kedepannya bahwa Bahan dari bapak/Ibu bisa dikelola. Perlu diketahui oleh kita semua bapak Presiden meminta kita untuk mempersiapkan labuan bajo sebagai venue asean summit 2023 dan G 20 2023.

Baca Juga :  Pemprov Sumsel Optimalkan Program Pengentasan Kemiskinan Melalui Posyandu

Lanjut, Agustinus Rinus sebagai Kadis Pariwisata Labuan Bajo dalam materinya menyampaikan bahwa Misi Kabupaten Manggarai Barat adalah meningkatkan kesehjatraan masyarakat melalui pelayanan kesehatan dan meningkatkan pembangunan ekonomi yang berdaya saling berbasis.

Visi kepariwisataan Manggarai Barat adalah terwujudnya manggarai Barat sebagai destinasi pariwisata kelas dunia yang berkelanjutan. Sesuai data dalam kunjungan objek wisata tahun 2019 cunca wulang berada Urutan kelima dari beberapa objek wisata, terlepas dari itu Pemerintah daerah akan mengupayakan peningkatan SDM. dan juga dari Dinas pariwisata akan mengadakan festival di cunca wulang.

Baca Juga :  TP4D Kejaksaan OKI Kawal Pembangunan Dana Desa

Camat Mbeliling mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Badan Otorita Pariwisata yang sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat khususnya kecamatan mbeliling dapat mengerti tujuan dan manfaat dari BOP Labuan Bajo.

“Saya ingin menyampaikan bahwa tugas dari fungsi BOP sangat dibutuhkan dikalangan masyarakat khusunya desa yang memiliki pariwisata”.pungkasnya (Ade Tengko/red)

Print Friendly, PDF & Email