8 Kapolda Akan Dicopot Jika Tidak Bisa Tangani Karhutla

oleh -537 views

Jakarta, wartaterkini.news–Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) fokus kepada delapan Polda untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Apabila delapan Polda itu tidak cakap dalam mengatasi Karhutla, maka Kapori Jenderal Tito Karnavian bisa mencopot Kapolda dan jajaran.

Demikian disampaikan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (07-08-2019) kemarin.

Baca Juga :  Masyarakat Diimbau Manfaatkan Jam One Way Untuk Hindari Macet Arus Balik

“Apabila delapan Polda tersebut, Kapolda dan polresnya tidak melaksanakan mitigasi maksimal, maka akan diambil tindakan tegas, berupa copot dari jabatan. Kalau ada pelanggaran unsur disiplin lainnya bisa juga,” tegas Dedi.

Meski tidak merinci delapan polda yang difokuskan untuk menangani Karhutla itu, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini menyebut Korps Bhayangkara berkomitmen untuk melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo terkait penanganan Karhutla.

Baca Juga :  Presiden Perintahkan Tindakan Tegas Bagi Pelaku Anarkis di Papua

Sebelumnya, Jokowi sapaan akrab Kepala Negara kembali mengancam mencopot jabatan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) dan Kapolda yang tidak mampu mengatasi Karhutla di daerahnya.

“Aturan main kita tetap masih sama, saya ingatkan kepada Pangdam, Danrem, Kapolda, Kapolres, aturan yang saya sampaikan 2015 masih berlaku (copot jabatan tidak bisa atasi karhutla),” papar Jokowi beberapa waktu lalu. (Cly/red)

Print Friendly, PDF & Email