54 Desa di OKU Selatan Terima Program PAMSIMAS Jilid III 2019

oleh -878 views

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news– Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU TR) Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan gelar rapat koordinasi dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antar PPK satker PIP dengan KKM Desa Tahun Anggaran 2019 untuk Program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Jilid III. Kegiatan bertempat di aula kantor dinas PU TR, Selasa, (09-07-2019).

Ketua Distrik Koordinator PAMSIMAS jilid III, Ruslan Abdul Gani, dalam laporannya mengatakan program PAMSIMAS ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah pusat maupun daerah untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat akan air minum dan sanitasi untuk mencapai tujuan RPJMN 2015-2020 yakni 100% Air minum, 0% Pemukiman kumuh dan 100% Sanitasi layak bagi semua masyarakat.

Baca Juga :  Atasi Debu Jalan Cor Camat Runjung Agung Fasilitasi Pertemuan Pihak - Pihak Terkait

Untuk program PANSIMAS sendiri bukanlah semata-mata program dari Dinas PU dan Tata Ruang saja melainkan melibatkan 4 dinas dan instansi, yakni Dinas Kesehatan, Bappeda, PMD dan PU.

“Dalam hal ini ke empat dinas dan instansi tersebut terlibat dari awal proses pengajuan PAMSIMAS dan menentukan desa yang layak menjadi sasaran penerima program PAMSIMAS tersebut”. Ujarnya

Untuk Kabupaten OKU Selatan sendiri terdapat 54 desa yang menerima program PAMSIMAS jilid III yang dibagi menjadi tiga kegiatan diantaranya, PANSIMAS Reguler, PANSIMAS HKP dan Hibah Air Minum, yang mana masing masing kegiatan dibiayai oleh APBN dan APBD.

Baca Juga :  Wiranto : Kalau Rusuh di MK, Kita Akan Tangkap Tokoh Yang Membuat Onar Jelang Keputusan Sengketa Pilpres 2019

Sementara itu Kepala Dinas PU dan Tata Ruang OKU Selatan, A.Farid Effendy, ST, dalam sambutannya menyampaikan, program PAMSIMAS ini merupakan program jilid III di mana program ini sendiri dimulai dari tahun 2008 dan untuk tahun 2020 mendatang program PAMSIMAS itu sendiri masih ada. Dengan diperpanjangnya program PAMSIMAS hingga tahun 2020 merupakan peluang besar untuk desa-desa yang belum mendapat program PAMSIMAS untuk diusulkan mendapatkan program tersebut.

Baca Juga :  Pembangunan Jembatan Gantung Menuju Desa Kuripan Satu dan Dua Mulai di Kerjakan

“Dengan diperpanjangnya PAMSIMAS hingga 2020 mendatang merupakan peluang besar bagi desa- desa yang belum mendapat program tersebut untuk diusulkan kembali. Saya sangat berharap desa-desa yang belum mendapat program PAMSIMAS jilid III ini, tahun depan mudah-mudahan bisa mendapatkannya sehingga dapat memiliki air bersih di desa-desanya karena air bersih merupakan hajat hidup orang banyak”. Ujar Farit.

Program PAMSIMAS ini sendiri diharapkan bisa meningkatkan mutu dan kualitas air bersih di pedesaan sehingga terciptanya pola hidup sehat di masyarakat. (Red)

Print Friendly, PDF & Email