30 Hektar Lahan Sawah Petani Terendam Banjir, Perlu Normalisasi Tanggulangi Banjir

oleh -281 views

Lampung Barat,Wartaterkini.News–Sungai Way Semangka di Pemangku Mekar Sari, Pekon Ringin Jaya, Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Lampung Barat meluap. Mengakibatkan sawah serta perebunan milik warga rusak.

Kepala Pemangku Mekar Sari, Hendri, mengungkapkan akibat meluapnya aliran Way Semangka itu merusak lahan kering dan sejumlah persawahan warga hancur dibawa arus air saat meluap.

“Sawah dan lahan perkebunan warga yang terkikis itu tidak bisa lagi dipakai, atau digunakan karena sudah rata dengan sungai, jika tidak ada penanggulangan maka sawah dan perkebunan warga, bisa terus terkikis dan akan habis,” kata dia, Minggu, 20 Januari 2019.

Sementara Peratin Pekon Ringin Jaya, Laminto, mengaku saat terjadinya luapan air dia tidak berada di tempat, namun pihaknya langsung mengetahui kejadian itu atas laporan dari masyarakat.

“Tentunya saya terus menghimbau warga agar tetap waspada. mengingat saat ini iintensitas hujan masih tinggi. Saya juga akan berusaha melaporkan hal ini kepada pemkab agar aliran Way Semangka bisa dinormalisasi, karena saat ini sudah mendangkal. Tanpa adanya normalisasi, maka hal tersebut susah untuk diatasi,” kata dia.

Kerusakan sawah dan perkebunan warga mencapai 30 hektare lebih, itu dipastikan tidak bisa lagi dipakai warga untuk menaman padi maupun menanam kopi.

“Kalau dilakukan normalisasi panjangnya mencapai seribu meteran, sehingga saat air meluap bisa mengantisipasi kerusakan sawah maupun perkebunan,” Ujarnya. (Kartiko/Red)

Print Friendly, PDF & Email