2 Bulan Gaji Pemdes Fiktif, BLT Tak Direalisasi Warga Cio Gerong Morotai Palang Kantor Desa

oleh -1.140 views

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news–Unsur Pemuda dan masyarakat Desa Cio Gerong, Kecamatan Morotai Selatan Barat menyampaikan aksi kekecewaan terhadap Mantan Pejabat Desa dan Bendahara dengan memalang Kantor Desa Cio Gerong. Jumat (07-08-2020)

Nampak terlihat dalam spanduk aksi di depan Kantor Desa terpampang bahwa “Kami atas nama masyarakat Cio Gerong menuntut agar mantan Pejabat dan Bendahara mempertanggungjawabkan Gaji Aparat Desa dan BLT dll”

Pemuda Desa Cio Gerong Andreas Dego bersama Anwar Ngawaro, Jumat (07-08-red) kepada wartaterkini.news mengatakan Dana Desa diperuntukan untuk kesejahteraan masyarakat desa bukan untuk kesejahteraan pribadi.

Lebih lanjut kata mereka, untuk sementara Kantor Desa Cio Gerong dipalang, sampai ada titik terang penggunaan anggaran Gaji Pemerintah Desa (Pemdes) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT). “Kebalikan apa yang menjadi hak rakyat”.tandas Andreas dan Anwar

Baca Juga :  Bantu Pemerintah Lawan Covid-19, Sinta Andayani Bagikan Masker Ke Pasar Kalangan dan PAUD

Disamping itu, Ketua BPD Desa Cio Gerong Hance Mokar ketika dikonfirmasi media tepatnya di Desa Yayasan Morotai Selatan, Jumat (07-08) siang pihaknya membenarkan bahwa Gaji Pemdes Cio Gerong selama dua bulan belum dibayar dan BLT Desa belum direalisasi.

“Iya benar, Gaji Pemdes dari bulan juni dan juli tahun 2020 belum di bayar, selain itu BLT juga sampai saat ini belum direalisasi padahal di desa-desa lain sebagian sudah di realisasi, untuk gaji pemdes saya sudah tanya ke Bendahara dan katanya sudah di tranfer ke Rekening Pejabat Desa. namun persoalan ini saya telah melapor ke dinas terkait di Kabupaten”.jelasnya

Baca Juga :  Warga Morotai Yang Pergi ke Halut Wajib Bawa Surat Keterangan Dari Satgas Covid-19 Morotai

Menurutnya jika dikalkulasi, Pemdes di Desa Cio Gerong berjumlah 50 orang jadi besaran anggaran Gaji Pemdes selama dua bulan berkisar Rp.200 juta sekian.

Untuk itu, Hance berharap agar Gaji Pemdes segera di bayar dan realisasi dana BLT untuk masyarakat serta harus ada transparansi soal penggunaan Anggaran Desa di Cio Gerong.

Hal senada juga disampaikan Pejabat Kepala Desa Cio Gerong Salmon Dego, ketika pihaknya dilantik pada 03 Agustus 2020 kemarin, dan kemudian melihat kondisi keuangan di desa, pihaknya menemukan bahwa Gaji Pemdes Cio Gerong selama dua bulan belum dibayarkan dan BLT belum di realisasi mulai dari tahap 1 hingga tahap 2.

Baca Juga :  Terbaru, 4 Warga Morotai Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Bayangkan saja anggaran di rekening desa tinggal 1 juta, untung ditamba pengembalian dari Dana Covid-19 Kabupaten sehingga menjadi 51 juta”.pungkasnya

Sementara untuk aksi warga desa Cio Gerong terkait menuntut Mantan Pejabat dan Bendahara Desa mempertanggung jawabkan anggaran desa, pihaknya tak bisa menolak karena hal tersebut merupakan aspirasi masyarakat dan sudah diatur dalam aturan.

Namun di samping itu. “Saya juga sudah lapor ke Camat Morotai Selatan Barat karena Camat sebagai atasan saya di wilayah kecamatan”.tutupnya (Endi/red)

Print Friendly, PDF & Email