113 WNI di Luar Negeri Terjangkit Covid-19

oleh -61 views

Jakarta, wartaterkini.news–Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) menyatakan sejumlah 113 warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, positif terjangkit virus corona (Covid-19) per Minggu (29-03-2020).

Selain itu, 1 WNI telah meninggal dunia akibat corona di Inggris, “Inggris, 1 WNI meninggal dunia”. tulis Kemlu lewat akun twitter @Kemlu_RI, Minggu (29-03-2020). Kemlu juga melaporkan adanya tambahan 2 WNI yang terjangkit virus corona di Belanda.

Berdasarkan data Safe Travel Kemlu RI, Singapura menjadi lokasi terbanyak WNI yang terinfeksi Covid-19. Di negeri Singa itu kini bertambah 1 lagi WNI positif terinfeksi virus corona SARS-COV-2, sehingga total menjadi 32 WNI.

Sebanyak dua dari 32 WNI positif corona di Singapura dinyatakan sembuh, sementara dua orang dalam penanganan khusus, dan satu orang meninggal dunia. Sebanyak 26 WNI lainnya berada dalam kondisi stabil.

Baca Juga :  Tim Satgas Pencegahan Covid-19 Morotai Berhasil Tangkap 1 Orang Oknum Kabur Dari Karantina

Sementara di Malaysia, sekitar 24 WNI terjangkit virus tersebut. Kemlu menyatakan kondisi seluruh WNI pasien corona di negara itu sampai saat ini stabil.

Sebagian dari WNI pasien Covid-19 itu merupakan jamaah tabligh akbar di Masjid Jamek Sri Petaling, Kuala Lumpur, yang diselenggarakan pada 27 Februari hingga 1 Maret 2020 lalu.

Sementara itu, di India, ada 14 WNI yang dinyatakan positif Covid-19 per hari ini dan seluruhnya dalam kondisi stabil.

Di Jepang, Kemlu menuturkan sembilan WNI positif corona sudah dinyatakan sembuh seluruhnya. Sembilan WNI itu merupakan anak buah kapal (ABK) pesiar Diamond Princess.
Baca Juga :  Utang Pemerintah di Akhir Juli 2019 Naik Jadi Rp 4.603,62 T

WNI yang terjangkit virus corona di Arab Saudi bertambah menjadi enam orang. Kemlu menyatakan seluruh WNI itu dalam keadaan stabil.

Sebanyak empat WNI juga mengidap Covid-19 di Italia. Keempatnya merupakan ABK kapal pesiar Costa Luminos dan dalam kondisi stabil.

Sementara itu, tiga WNI masing-masing terjangkit virus corona di Taiwan, Spanyol, dan Brunei Darussalam. Seluruhnya juga dalam kondisi stabil.

Sebanyak dua WNI di masing-masing Australia, Belanda, Jerman, dan Uni Emirat Arab, juga dinyatakan terpapar virus corona. Satu WNI di Belanda sudah dinyatakan sembuh.
Baca Juga :  Tim Gugus Tugas Covid-19 Laksanakan Penyemprotan Desinfektan di Seputaran Kota Kisaran

Selain itu, masing-masing satu WNI di Makau, Qatar, Vatikan, dan Irlandia juga terpapar virus corona dan seluruhnya dalam kondisi stabil.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para kepala negara menyampaikan mengenai pentingnya negara anggota G20, memberikan perhatian kepada negara berkembang dalam mengasi wabah virus corona (Covid-19)

“Termasuk Sekjen PBB secara khusus menyampaikan mengenai hal itu karena negara-negara berkembang memiliki kapasitas yang berbeda dalam menangani isu Covid-19 ini. Sekali lagi koordinasi, sinergi, solidaritas menjadi ruh dari pertemuan KTT ini”.katanya.

(Sumber: Infopublik.id/Foto: Kemlu)

Print Friendly, PDF & Email