110 Perahu Hias Warnai Festival Morotai 2019

oleh -212 views

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news– Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai, melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga melaksanakan Lomba Perahu Hias dalam rangka memeriahkan Festival Morotai 2019 bertempat di Taman Kota Daruba Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai. Senin (05-08-2019)

Turut hadir, Wakil Bupati Morotai Hi.Asrun Padoma, Forkompimda Kab. Pulau Morotai, Sekretaris Daerah Muhammad M.Kharie, Ketua PKK Sherly Djoanda, Kepala Kemenag Morotai M.Qubais Baba, para Pimpinan SKPD, para Camat dan Kepala Desa serta 110 peserta lomba.

“Lomba Perahu Hias merupakan salah satu rangkaian Event Festival Morotai 2019 dengan 110 peserta lomba dari 86 Desa di 5 Kecamatan Kabupaten Pulau Morotai, ungkap Kadis Kepemudaan dan Olahraga Yanto Gani”

Baca Juga :  KPU OKU Selatan Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara

Sebelum melapas 110 peserta lomba, Wakil Bupati Pulau Morotai Hi. Asrun Padoma dalam sambutannya mengatakan, Lomba Perahu Hias merupakan salah satu inovasi atraksi dan Festival Morotai.

Lomba perahu juga bertujuan mempromosikan keindahan Bahari, Perahu merupakan alat transportasi yang sangat penting bagi nelayan dalam menangkap ikan, mengangkut masyarakat dari satu pulau ke pulau yang lain oleh karena itu perahu merupakan jenis kebutuhan dasar bagi para nelayan Kabupaten Pulau Morotai. Selain itu, Pulau Morotai tidak terlepas dari perahu yang merupakan titipan nenek moyang kita.

“Di kala itu nenek moyang kita datang ke Morotai menggunakan perahu, memancing ikan menggunakan perahu serta melakukan perjalanan ke Pulau Morotai menggunakan perahu, dulunya dalam bahasa lokal kita kenal dengan sebutan Canga”. ungkap Asrun

Baca Juga :  Pemkab Morotai Gelar Malam Resepsi Kenegaraan

“Hari ini marilah kita kembali melestarikan identitas kita sebagai anak cucu nenek moyang kita sebagai Pelaut saya yakin dan percaya dengan potensi kelautan yang kita miliki akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pulau Morotai”. ajaknya

Lanjut kata dia, Kegiatan ini tidak sekedar ceremony atau lomba biasa untuk menghibur masyarakat tapi lebih dari itu, yakni menumbuh kesadaran kita untuk mengenali identitas bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan.

Selanjutnya, Wakil Bupati membuka perlombaan sekaligus meresmikan Perlombaan Perahu Hias 2019. (Endi/Red)